oleh

Penyaluran Bansos Terus Dipercepat

-Berita-78 views

MAMAKOTA,-  Program pemerintah untuk terus mempercepat penyaluran bantuan sosial (bansos) sembako Presiden untuk masyarakat terdampak Covid-19 di wilayah DKI Jakarta.

Dari hasil data Kementerian Sosial (Kemensos) per-1 Mei 2020, penyaluran bansos Presiden telah disalurkan kepada 462.419 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) atau 48,8 persen dari total sasaran penerima sebanyak 947.126 KPM.

“Hari ini kita mempercepat bantuan sembako Presiden di wilayah DKI dan Bodetabek. Insya Allah, hari ini (kemarin) bisa lebih dari 60 persen,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy saat melakukan kunjungan lapangan untuk mengecek stok sembako di gudang Carrefour MT Haryono, Jakarta Selatan, kemarin.

Muhadjir menuturkan, untuk mempercepat penyaluran bansos, pemerintah telah menambah jumlah gudang stok penyimpanan sembako untuk bansos Presiden dari 5 menjadi 12 gudang. Di antaranya PT Pasar Tani, Pertani Karawang, Food Station, Giri Mekar & PPI Cakung, TGV Tangerang, Ciber, Bahtera Assa, Transmart, dan CV Mount Cino. Langkah ini diharapkan membuat stok masuk tidak terlambat dan bisa dipercepat.

“Mudah-mudahan dalam dua hari penyaluran bansos Presiden untuk DKI gelombang satu bisa selesai,” ungkapnya. Dia merincikan, daerah di DKI Jakarta yang masih rendah tingkat penyalurannya adalah Jakarta Barat (24,5 persen). Sedangkan untuk daerah lain rata-rata sudah di atas 50 persen.  (*/RM)

News Feed