oleh

Penyaluran PKH Dipercepat

-Berita-158 views

MAMAKOTA, JAKARTA, — Imbas wabah virus corona atau Covid-19 tidak mungkin tidak akan menyasar kelompok keluarga miskin dan rentan. Utamanya, dampak ekonomi.

Atas alasan itu, Kementerian Sosial memutuskan mempercepat penyaluran Program Keluarga Harapan (PKH) bagi 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM) diseluruh wilayah di Indonesia. 

“Dari semula bulan April menjadi bulan Maret ini,” ujar Asep Sasa Purnama di Gedung Graha BNPB, Jakarta Timur, Selasa (24/3). 

Secara otomatis, lanjut Asep Sasa Purnama, PKH tahap ketiga juga akan dimajukan, mengikuti PKH tahap kedua. 

“Untuk tahap ketiga, yang seharusnya disalurkan pada bulan Juli menjadi bulan April nanti, dan disalurkan per bulan yang semulanya penyaluran per 3 bulan,” terangnya. 

Melalui program PKH ini, Kemensos berharap kebijakan ini mampu memproteksi perekonomian keluarga miskin dan rentam di tengah wabah virus corona. 

“Sehingga dimasa tanggap darurat (wabah Covid-19), KPM PKH mendapatkan manfaat ganda,” tambah Asep Sasa Purnama. 

Adapun untuk besaran PKH yang akan di salurkan pemerintah pada tahap II jumlahnya mencapai lebih dari Rp 7 triliun. Uang ini telah dicairkan oleh Kementerian Keuangan untuk 9.214.185 KPM. 

Sementara untuk target penerima bantuan PKH di tahun 2020 ini maksimal ditujukan ke 10 juta keluarga. Target itu ditentukan dari hasil validasi akhir tahun 2018, yang jumlahnya sekitar 9,8 juta keluarga. 

Untuk tambahannya, berasal dari keluarga yang terdampak bencana alam dan masuk kategori kurang sejahtera sebanyak 200.000 keluarga.

Secara total, anggaran PKH khusus untuk bantuan sosial di tahun 2020 ini sebesar Rp 32,65 triliun. Sedangkan bila ditambah biaya operasional dan lainnya bakal mencapai Rp 34,5 triliun. (rmo)

Komentar

News Feed