oleh

Polisi Bongkar Penipuan Modus Tawarkan Masker Murah

-Hukum-101 views

MAMAKOTA, BANDARA, — Team Garuda Polres Kota Bandara Soetta Tangerang, berhasil membongkar penipuan berkedok jualan masker melalui media sosial dengan harga murah. Polisi menangkap satu orang pelaku yakni Deswita Asmara (23) yang masih berstatus mahasiswi.

Modus pelaku adalah berpura-pura menjual masker di akun media sosial. Pelaku berhasil mengelabui korbannya yang merupakan pegawai Garuda Maintenance Facilities (GMF). “Korban membeli untuk keperluan kantornya,” kata Kapolres Bandara Soekarno – Hatta, Komisaris Besar Adi Ferdian Saputra, Rabu (01/4/2020).

Adi Ferdian menyayangkan tindakan pelaku yang mengambil keuntungan dan merugikan masyarakat di tengah wabah Corona . “Jangan ada oknum yang memanfaatkan situasi dengan berbuat pidana,” kata Kapolres.

Kasat Reskrim Polresta Bandara Soekarno-Hatta Kompol Alexander Yurikho menjelaskan penipuan terjadi pada Senin (10/2) lalu itu bermula saat korban melihat iklan masker bermerek dengan harga murah pada aplikasi Instagram. “Pelaku menawarkan masker kesehatan bermerek dengan harga murah, yakni 30 karton atau 1.200 boks itu seharga Rp42 juta, yang berarti 1 boks itu hanya Rp50 ribu,” jelas Alex.

Merasa tertarik pada iklan tersebut, korban kemudian menghubungi pelaku di nomor WhatsApp. Keduanya kemudian berkomunikasi via WhatsApp. “Komunikasi antara pelapor dengan tersangka bahkan menggunakan komunikasi video call melalui WhatsApp guna meyakinkan pelapor atau korban ini,” tuturnya.

Merasa diyakinkan, korban juga mengajak dua rekannya untuk membeli. Setelah itu, korban kemudian melakukan transaksi dengan membayar uang muka sebesar 50 persen. Setelah DP dibayarkan via transfer antarbank sebesar Rp28 juta, pelapor dan terlapor membuat janji untuk bertemu di sebuah pusat perbelanjaan di Slipi, Jakarta Barat. Namun pelaku tidak kunjung datang.

Atas kejadian tersebut, korban melaporkan perkara ini ke Polres Kota Bandara Soekarno Hatta untuk proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

Pada Jumat (27/3) pukul 20.30 WIB, melalui proses analisa IT kemudian  team Garuda Satuan Reskrim Polresta Bandara Soetta melakukan Penangkapan terhadap pelaku di daerah Bogor, Jawa Barat.

“Pelaku setidaknya pernah melakukan dua kali penipuan dengan modus yang sama, yakni sekitar (04/2/2020) di daerah Cilengsi, Bogor, Jawa Barat,” kata Alex.

Tersangka melakukan penipuan terhadap pemesan masker atas nama Graciela, kerugian dialami korban sebesar Rp2 juta. Uang tersebut langsung dikirim oleh korban kepada tersangka dengan cara transfer ke rekening tersangka yaitu Bank OCBC NISP. Kemudian di tanggal yang sama, pelaku melakukan penipuan terhadap pemesan masker atas nama ayu. Korban merugi Rp1 juta.

“Uang dari hasil dugaan Tindak Pidana Penipuan dan atau Penggelapan digunakan Tersangka untuk membayar permasalahan penggantian uang tiket konser (masalah Pribadi Tersangka) dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari,” terangnya.

Team Garuda akan Melakukan Penelusuran terhadap korban lain yang pernah ditipu oleh tersangka dan menyarankan untuk membuat laporan Polisi, melakukan blokir rekening tersangka dan melakukan penelusuran aliran dana, melakukan deaktifasi akun Instagram tersangka (yang menawarkan masker murah agar tidak dapat diakses lagi)

Tersangka dijerat pasal penipuan dan atau penggelapan sebagaimana yg dimaksud dalam Pasal 378 KUHPidana dan/ atau Pasal 372 KUHPidana Ancaman Hukuman empat tahun penjara.

Tersangka beserta barang bukti satu buah identitas KTP an Deswita Asmara, satu buah ATM Bank OCBC NISP atas nama pelaku dan satu buah handphone Iphone Xs, warna Gold.

“Pelaku saat ini ditahan di Polres Bandara Soekarno-Hatta. Pelaku ini seorang mahasiswi jurusan farmasi di sebuah universitas di Jakarta Timur,” tandas Alex. (amd)

Komentar

News Feed