oleh

Positif Korona, Wagub DKI Minta Didoakan

-Berita-66 views

MAMAKOTA,- Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dinyatakan positif virus korona. Riza mengumumkan sendiri kabar dirinya terinfeksi korona. Melalui keterangan resmi kepada media, politisi Partai Gerindra itu menerangkan, tengah menjalani isolasi mandiri.

“Sebagaimana prosedur kesehatan yang telah ditetapkan WHO, bagi setiap pasien terkonfirmasi positif Covid-19 wajib melakukan isolasi mandiri dan tetap dalam pengawasan tenaga kesehatan, baik di level puskesmas hingga rumah sakit,” tuturnya, kemarin.

Riza melakukan tes usap alias swab test dua kali, Kamis (26/11) dan Jumat (27/11). Dua-duanya menunjukkan hasil yang sama, positif korona. Namun, hingga kemarin, Riza merasa tubuhnya sehat walafiat. Tidak menunjukkan gejala yang mengkhawatirkan.
“Kondisi saya tetap dalam keadaan baik dan terkendali,” akunya.

Sebagai langkah mitigasi, pria kelahiran Banjarmasin 50 tahun silam itu juga melakukan tes usap kepada seluruh staf dan anggota keluarganya.

Dari mana Riza tertular? Hasil penelusuran kontak (contact tracing) Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta memperlihatkan, Riza tertular dari staf pribadinya. Staf pribadi Riza sebelumnya tertular dari lingkungan keluarga.

Riza berpesan agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes): memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun. Tak lupa, kesempatan ini dia manfaatkan juga untuk meminta doa dari masyarakat.

“Mohon doanya agar kita semua dalam kondisi sehat walafiat. Jakarta belum terbebas dari pandemi Covid-19. Jangan ragu dan takut untuk saling mengingatkan Protokol 3M. Tetap tingkatkan iman, imun, dan aman. Bahkan hingga di dalam lingkup keluarga kita,” tukasnya.

Dalam dua minggu terakhir, Riza masih sibuk bekerja dan menghadiri sejumlah kegiatan. Dalam beberapa kesempatan, dia bersama Anies. Salah satunya, Kamis (26/11), saat menghadiri Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta, di Gedung DPRD, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Dengan adanya jejak kontak dengan Riza, apakah Anies aman? Sampai tadi malam, belum ada keterangan resmi mengenai Anies. Namun, berdasarkan sumber Rakyat Merdeka di Balai Kota, eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu sudah melakukan tes usap, hasilnya negatif.

Mendengar kabar Riza terpapar Covid-19, netizen bereaksi. Salah satunya Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya. Dia mendoakan juga mengingatkan agar Riza Patria tak lagi-lagi melanggar protokol kesehatan. “Semoga cepat dipulihkan dan nggak datang-datang lagi ke kerumunan ya Pak,” katanya melalui akun @yunartowijaya. Yang dimaksud Yunarto adalah acara Maulid Nabi yang diisi Rizieq Shihab, yang dihadiri Riza pada Jumat (13/11), di Tebet, Jakarta Selatan.

Akun @amriyah_siti justru khawatir Anies juga ikut tertular. Sebab, dia melihat Anies dan Riza sering berdekatan. “Jika Pak Wagub positif, maka apakah Pak Gub negatif? Semoga segera sehat dan memberikan edukasi bahwa Covid itu nyata dan masih ada,” sahut @akoesaja1.

Akun @supono_CAN berharap Riza Patria segera sembuh. Apalagi saat ini sudah masuk musim penghujan. Bencana banjir, bisa datang kapan saja di Ibu Kota. Tenaga Riza sangat dibutuhkan untuk menanggulangi banjir. “Jangan sakit Pak Wagub, sebentar lagi banyak kerumunan air. Baik yang datangnya dari langit atau dapat santunan dari Bogor,” tulisnya. (red/usman) 

News Feed