oleh

Prajogo Pangestu Relakan Rp 30 M untuk Lawan Korona

-Berita-160 views

MAMAKOTA,- Tak ingin hanya menyatakan prihatin keadaan negerinya, Founder dan Chairman Barito Pacific Group, Prajogo Pangestu, menyalurkan bantuan untuk penanganan pandemi Covid-19 senilai Rp 30 miliar.

Dana tersebut dihimpun dari anak perusahaan Barito Pacific Group yaitu Chandra Asri, Star Energy, dan Yayasan Bakti Barito. Bantuan disalurkan untuk rumah sakit di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Bantuan diserahkan secara bertahap.

Dirut Barito Pacific Agus Salim Pangestu mengatakan, bantuan ini sejalan dengan arahan Prajogo Pangestu yang ingin turut serta membantu meringankan beban masyarakat dan pemerintah, dalam menangani masalah pademic Covid-19.

Bantuan medis yang diserahkan mencakup 45.000 alat tes Covid-19 yang terdiri atas polymerase chain reaction (PCR) dan rapid test kit. Terdapat juga 120.000 surgical mask dan masker N95, serta dua unit ventilator (mesin untuk membantu pernapasan). Bantuan lain adalah 60.000 alat pelindung diri (APD), puluhan alat terapi oxygen, ratusan sarung tangan, sepatu boots, dan peralatan lainnya.

“Seluruh barang medis ini sudah didistribusikan sejak akir Maret dan berlanjut hingga sekarang dan waktu mendatang yang disalurkan langsung oleh Yayasan Bakti Barito, Chandra Asri, dan Star Energy,” kata Agus Salim, seperti yang dikutip antaranews.com, Rabu (1/4).

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo, menyampaikan apresiasi atas langkah Chandra Asri dan Star Energy. Doni menyebut, bantuan itu tepat sasaran dan sangat bermanfaat dalam kondisi seperti sekarang ini.

Doni pun mengajak seluruh masyarakat, baik di akar rumput maupun tataran pejabat dan pengusaha, berpartisipasi sekecil apa pun dan bersatu padu mendukung seluruh kebijakan pemerintah dalam menangani wabah Covid-19. Saat ini, jumlah pasien terus bertambah mengakibatkan sebagian besar rumah sakit kekurangan perangkat medis.

Karena itu, bantuan Prajogo Pangestu beserta unit usaha dan yayasan Bakti Barito sangat membantu apalagi saat ini peralatan tersebut susah didapat karena seluruh dunia sekarang memerlukannya. Rumah Sakit yang akan menerima bantuan adalah meliputi Rumah Sakit Sulianti Saroso, Harapan Kita, Persahabatan, Carolus, dan RSCM di Jakarta.

Lalu RSUD Cilegon, RSUD Serang, RSUD Banten, serta Rumah Sakit Krakatau Medika di Banten. Kemudian, RSUD Cibinong Bogor, RS Al Ihsan Bandung, RS Hasan Sadikin Bandung, RSUD Syamsudin Sukabumi, RSUD Slamet Garut, di Jawa Barat. (*/UG)

News Feed