oleh

Puluhan Ribu Kendaraan Pemudik Berhasil Dihalau Polisi & TNI

-Berita-103 views

MAMAKOTA,- Selama 10 hari  kepolisian bersama TNI menggelar Operasi Ketupat 2020, petugas mencatat berhasil menghalau 23.000 kendaraan pemudik. Semuanya dipaksa putar balik.

“Jumlah itu merupakan akumulasi penyekatan di tujuh Polda dari Lampung hingga Jawa Timur,” ungkap Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono usai meninjau sejumlah titik cek poin dari Jakarta hingga Surabaya, baik di tol maupun jalan arteri, kemarin.

Menurutnya, keinginan warga untuk pulang kampung hingga kini masih ada. Hanya saja setiap hari persentasenya terus menurun. Istiono menilai, upaya penyekatan yang dilakukan petugas Operasi Ketupat sudah maksimal. Hal itu terlihat adanya penyekatan di pos-pos cek poin.

Baik cek poin di Polres sampai Polda, jalur utama, baik di tol maupun arteri dilakukan 24 jam bersama instansi terkait. Tak hanya menghalau kendaraan pemudik, lanjut Istiono, petugas juga melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19). Antara lain dengan melakukan pemeriksaan kesehatan, membagi masker, dan imbauan agar selalu menjaga jarak dan selalu cuci tangan.

Meskipun niat mudik masyarakat menurun, Istiono meminta kinerja petugas di lapangan tidak kendor. Sebab, ada kemungkinan naiknya jumlah pemudik jelang Lebaran. “Tentunya kekuatan (jumlah personel) tetap ada seperti saat ini, konsisten kami lakukan (penjagaan) 24 jam,” pintanya. (*/RM)

Komentar

News Feed