oleh

Rampok Duit Rakyat, Jangan Dimanjakan

-Hukum-130 views

MAMAKOTA,- Gerakan #TolakNapiKoruptorBebas jadi trending topik di Twitter, ada lebih dari 13 ribu orang ikut meramaikannya. Tagar ini dibuat para netizen yang sedih melihat banyaknya napi yang dibebaskan sebagai imbas pandemi corona.

Rencananya Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) akan membebaskan 30 ribu narapidana dan anak. Termasuk napi korupsi.

Pembebasan narapidana itu tertuang dalam Peraturan Menkumham Nomor 10 Tahun 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi Bagi Narapidana dan Anak dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Covid-19. Serta, Kepmenkumham Nomor M.HH-19.PK.01.04.04 Tahun 2020 tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak Melalui Asimilasi dan Integrasi.

Menkumham Yasonna H Laoly mengatakan, hanya napi yang sudah memenuhi syarat yang bisa dibebaskan. “Khusus napi yang sudah menjalani masa 2/3 pidana dan anak yang sudah menjalani 1/2 masa pidana,” jelasnya. Yasonna menambahkan, usia napi juga lebih dari 60 tahun. Alasannya, kata dia, karena pertimbangan kemanusiaan. Sebab, daya imun tubuh di usia tersebut cenderung lebih lemah. “Jadi tidak berarti semua napi koruptor akan dibebaskan,” tandasnya.

Para netizen rame-rame menolak pembebasan narapidana koruptor. (*/RM)

Komentar

News Feed