oleh

Sandi dan AHY Masih Terpopuler

-Politik-132 views

MAMAKOTA,- Mesikupun pemilihan presiden masih lama, tetapi sejumlah survei sudah merilis elektabilitas tokoh yang top. Indonesia Political Opinion (IPO) kembali merilis survei terbaru. Kali ini soal popularitas menuju Pemilu 2024. Hasilnya, politisi elite Gerindra Sandiaga Uno dan Waketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi yang terpopuler. Hitungannya, Sandiaga meraih 88,1 persen, AHY dengan indeks persepsi 84, 6 persen.

Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah di D’Consulate, Dedi mengatakan, sekalipun Sandiaga dan AHY berada di posisi top, elektabilitasnya masih rawan tersalip. Pasalnya, keduanya saat ini tidak menduduki posisi eksekutif maupun pejabat publik. Keduanya bisa tersalip dari tokoh-tokoh kepala daerah yang juga dinilai berpotensi sebagai kepala daerah.

Di kategori kepala daerah, sejumlah tokoh populer merajai. Berturut-turut, Anies Baswedan dengan popularitas 92,4 persen, Ganjar Pranowo 74,5 persen, Ridwan Kamil 67,1 persen dan Khofifah Indar Parawansa 57,5 persen.

Sementara tokoh lama yang masih memiliki elektabilitas tinggi adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan indeks persepsi 92,6 persen. Disusul Menko Polhukam Mahfud MD 55 persen, dan politikus PKS Hidayat Nur Wahid dengan indeks popularitas 51,7 persen. (*/RM)

Komentar

News Feed