oleh

Satpol PP dan TNI-Polri Wara-Wiri Minta Warga Tidak Panik

-Berita-92 views

MAMAKOTA, TANGERANG — Berbagai upaya dilakukan Pemerintah untuk mengantisipasi wabah Covid 19 atau Corona. Satpol PP Kota Tangerang Selatan bersama Komando Rayon Militer (Koramil) Serpong menggelar keliling wilayah untuk memberikan imbauan kepada masyarakat terkait wabah virus corona.

Wara-wiri dilakukan menggunakan kendaraan dan alat pengeras suara. Dalam aksinya, tim gabungan tersebut memberikan imbauan agar warga tetap waspada dan mengikuti arahan protokol penanganan Corona.

Kepala Satpol PP Tangsel, Mursinah saat dihubungi mengatakan, patroli tersebut akan dilakukan setiap hari dengan mengelilingi perkampungan di tujuh kecamatan yang ada di Tangerang Selatan. “Seluruh wilayah nanti kita lakukan (patroli). Dan sudah dilakukan mulai hari ini,” katanya.

Dalam video yang diterima Satelit News, tim patroli dari Satpol PP dan Koramil Serpong menyisir jalan dengan menggunakan mobil. Melalui pengeras suara, mereka mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap penyakit covid-19 yang disebabkan adanya virus corona.

Selamat siang Bapak-Ibu sekalian, kami dari Forkominda Kota Tangsel, TNI, Polri, dan Pemkot Tangsel mengimbau Bapak-Ibu sekalian berkaitan semakin mewabahnya virus Corona, kami mengimbau untuk kesehatan kami semua dimohon agar mengurangi kegiatan di luar rumah, jaga jarak aman dengan orang lain, tidak bersentuhan, apabila bertemu cukup lambaikan tangan atau isyarat lain,” ujar seorang polisi melalui pengeras suara.

“Yang ketiga, hindari kerumunan kerumunan. Selanjutnya umat muslim agar jaga wudu masing-masing. agar setiap saat melakukan cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir atau cuci tangan memakai antibakteri dan virus. Tak lupa sempatkan olah raga biar keluar keringat dan kita semakin sehat, bisa menangkal virus. Demikian pengumuman kami, semoga bapak-ibu dan saudara-saudara sekalian, termasuk kami dijauhkan dari penyakit-penyakit tersebut dan lainnya dan semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa selalu melindungi kita semua. Amin… amin ya robbal ‘alamin,” tutur polisi itu lagi.

Kapolres Tangsel AKBP Iman Setiawan saat dikonfirmasi mengatakan, Forum Komunikasi Kota Tangerang Selatan mensosialisasi pencegahan penyebaran virus Corona di lingkungan kompleks perumahan penduduk. Sambil berkeliling menggunakan mobil berpengeras suara, polisi-TNI, dan Pemkot Tangsel mengimbau masyarakat untuk tidak ke luar rumah guna mencegah penyebaran virus Corona.

“Itu lagi proses sosialisasi pencegahan COVID-19, jadi bukan lockdown. Kan semua polisi, TNI, dan pemerintah daerah lagi sosialisasi pencegahan penularan virus Corona,” jelas Iman.

Masyarakat diminta tetap tenang selama masa tanggap darurat bencana COVID-19 ini. Imbauan untuk tidak ke luar rumah ini jangan dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan.

“Masyarakat jangan khawatir, keberadaan TNI-Polri, pemerintah daerah untuk mensosialisasikan upaya pencegahan penyebaran virus, jadi kita concern untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona ini,” tutur Iman.

“Jadi masyarakat tidak perlu takut, jangan kemudian menjadi panik dan memborong makanan. Tidak perlu takut, kami sebagai garda terdepan menjamin kebutuhan masyarakat tetap aman,” sambungnya.

Lebih lanjut Iman mengatakan sosialisasi langsung ke perumahan ini dianggap penting agar masyarakat bisa tetap mendapatkan informasi resmi dari pemerintah.

“Jangan sampai masyarakat mendapat asupan informasi yang tidak resmi dari pemerintah. Kalau dari medsos hanya dapat info yang nggak bener, misalnya saja hari ini ada info ‘Jakarta batasi yang dari luar daerah’. Nah, dengan ini, diharapkan masyarakat bisa langsung komunikasi nanya-nanya langsung ke petugas,” sambungnya. (amd)

Komentar

News Feed