oleh

Sekda Bicara Soal Kejahatan Perang Belanda

-Berita-16 views

KARAWANG,- Sekretaris Daerah Kabupaten Karawang H. Acep Jamhuri menjadi pembicara acara diskusi Kejahatan Perang Belanda di Karawang, Selasa malam (6/10). Dilakukan secara virtual, acara itu digarang bersama oleh Fealac Warriors, SMA-SMP Al Kenzie Bandung, Rumah Produktif Indonesia, Komite Utang Kehormatan Belanda, dan Histori Bersama. Selain Sekda Karawang, juga tampil sebagai pembicara sejumlah ahli.

Dalam diskusi itu dibahas vonis Pengadilan Den Haag kepada Belanda pada 2011 yang mewajibkan Belanda meminta maaf dan membayar ganti rugi kepada para janda dan anak dari korban Rawagede Karawang, Jawa Barat.

Kemenangan di Pengadilan Den Haag ini tidak lepas dari peran aktif Komite Utang Kehormatan Belanda mendampingi para janda dan korban hingga kemenangan didapatkan pada 2011. Kemenangan Rawagede ini menjadi pemicu atas tuntutan kajahatan Belanda lainnya di Indonesia, seperti Sulawesi dan di pihak Belanda pun meluncurkan Mega Proyek ind45-50.org yang dilakukan oleh KITLV NIMH NIOD & di pihak Indonesia ada UGM.

Sekda Karawang menjelaskan, peristiwa saat itu menimpa masyarakat, khususnya di wilayah Rawagede. Hingga sekarang ada Monumen Rawagede. (Red/*)

Komentar

News Feed