oleh

Setelah 150 Tahun, Keris Pangeran Diponegoro Dikembalikan

-Berita-110 views

MAMAKOTA,- Salah satu keris pusaka terpenting Pangeran Diponegoro ditemukan melalui penelitian panjang kolaborasi ilmuwan Belanda dan Indonesia. Keris Kiai Nogo Siluman milik Pangeran Diponegoro ini dihadiahkan Kolonel Jan-Baptist Cleerens ke Raja Willem I pada 1831, setelah sang empunya keris ditangkap.

Keris Kiai Nogo Siluman milik Pangeran Diponegoro telah diterima Duta Besar Indonesia I Gusti Agung Wesaka Puja di Kedubes RI di Den Haag. (repro)

Dilansir Historia.id, keris ini lalu disimpan di Koninklijk Kabinet van Zeldzaamheden (KKZ), yang merupakan koleksi khusus kabinet Kerajaan Belanda. Keberadaan keris Pangeran Diponegoro mulai menjadi teka-teki setelah KKZ bubar. Benda-benda koleksinya tersebar ke banyak museum, sedangkan informasi tentang benda-benda koleksi itu ikut hilang.

Keris ini ditemukan di Museum Volkenkunde, Leiden, Belanda. Selasa (3/3) keris ini telah diterima Duta Besar Indonesia I Gusti Agung Wesaka Puja di Kedubes RI di Den Haag. Kemudian pada Kamis (5/3) Dubes Puja menyerahkannya langsung ke Kepala Museum Nasional Indonesia, Siswanto.

10 Maret nanti keris bernama Kiai Nogo Siluman ini akan dipamerkan di pertemuan Raja Belanda Willem-Alexander dengan Presiden RI Joko Widodo. (*)

Komentar

News Feed