oleh

Sidang, Pemeriksaan dan Layanan Tilang Kendaraan Jalan Terus

-Berita, Hukum-114 views

MAMAKOTA, JAKARTA, — Merebaknya wabah virus corona tak menyurutkan Kejaksaan Agung untuk tetap mengikuti sidang, pemeriksaan saksi, tersangka hingga layanan terkait tilang. Pihaknya memastikan giat tersebut tetap berjalan.

“Untuk sifatnya pelayanan umum, sidang, pemeriksaan saksi, tersangka dan sebagainya itu jalan terus,” kata Kapuspenkum Kejagung, Hari Setiyono, saat dihubungi, Senin (16/3/2020).

Dia menegaskan bahwa jaksa mengikuti penetapan hakim terkait jadwal persidangan. “Yang mempunyai kewenangan untuk menetapkan sidang itu kan pengadilan, jaksa itu hanya melaksanakan penetapan, misalnya sidang ditunda seminggu, nah jaksa akan melaksanakan itu,” tegasnya.

Pemanggilan saksi maupun pemeriksaan tersangka juga terus berjalan karena berkaitan dengan masa penahanan tersangka yang ditahan. Bagi saksi yang akan diperiksa juga dilakukan pemeriksaan suhu tubuh sebelum memasuki gedung Kejagung.

Sedangkan untuk pelayanan umum seperti masalah tilang kendaraan dan pengambilan barang bukti pengambilan barang bujti tilang hingga kini tetap berjalan normal.

Terkait dengan langkah kejaksaan untuk mengantisipasi penyebaran corona, Kejagung sudah mengatur sistem kerja di rumah (work from home).

Hal itu diatur dalam Surat Edaran nomor 2 tahun 2020 tentang penyesuaian sistem kerja pegawai dalam upaya pencegahan penyebaran coronavirus disease (COVID-19) di lingkungan Kejaksaan RI. Surat edaran ini berlaku selama 2 minggu mulai esok 17 Maret hingga 31 Maret. (amd)

Komentar

News Feed