oleh

Soal Kritik, Luhut Belajar Banyak Dari Gus Dur

-Politik-119 views

MAMAKOTA,- Luhut Binsar Pandjaitan akhirnya buka suara, khususnya terkait berbagai kritik yang datang terhadapnya. Lewat akun Instagram miliknya, Menko Kemaritiman dan Investasi ini curhat panjang lebar. Katanya, dia tak ingin membungkam kritik.

Belakangan, Luhut melihat dinamika yang terjadi sudah melampaui batas. Ia tak habis pikir kenapa di tengah pandemi virus corona, ujaran kebencian dan fitnah terus dipelihara.

“Mengapa kita malah terus-terusan mencari perbedaan, tanpa sedikit pun berpikir persatuan?” katanya pada slide berikutnya. Pada momen seperti ini Luhut mengaku rindu pada sosok Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang semangat positifnya selalu menginsipirasinya dalam menjalani hidup sebagai pejabat negara. **Baca Juga: SBY Ingatkan Jokowi Jangan Salah Ambil Keputusan

“Dari Gus Dur saya belajar, perbedaan dan kritik pasti ada dan tak bisa dihilangkan karena perbedaan itu lahir bersama kita.” Wejangan Gus Dur ini yang membuatnya selalu berprinsip bahwa persaudaraan antar anak bangsa harus dikedepankan.

Dia menyayangkan, di tengah kondisi negara saat ini, masih ada oknum yang bertindak dan berucap untuk memperkeruh keadaan dengan menyerang secara personal. Luhut pun juga tidak berniat untuk membungkam kritik kepada dirinya. Baginya, kritik adalah motivasi. (*/RM)

News Feed