oleh

Surat Keterangan Bebas Covid-19, Maksudnya?

-Hukum-207 views

MAMAKOTA,- Ini tidak ada urusannya dengan mudik atau pulang kampung. Contoh, suami tinggal di Jakarta karena mata pencariannya memang di Jakarta, sedangkan anak-istri tinggal di kampung, sebutlah misalnya di Jawa Tengah. Datang berita duka cita (hampir pasti mendadak), istri meninggal. Sang suami TERPAKSA ke Jawa Tengah.

Surat keterangan kematian memang tidak sulit diperoleh tapi tetap perlu waktu berjam-jam untuk mengurusnya. Katakanlah, dengan bantuan teknologi komunikasi, surat keterangan kematian segera dapat dikirim ke Jakarta dan langsung dicetak. Alhasil, surat keterangan kematian dari tempat tinggal istri di Jawa Tengah sudah di tangan sang suami di Jakarta.

Akan tetapi, bagaimana dengan keharusan memiliki surat keterangan bebas Covid-19? Dapatkah surat keterangan Covid-19 diperoleh dalam waktu singkat? Bagaimana pula kalau sang suami sedang tidak memiliki cukup uang untuk keperluan memeriksakan diri ke rumah sakit agar mendapatkan surat keterangan bebas Covid-19?

Apakah orang-orang yang diberi wewenang menjaga lalu lintas pergerakan orang di lapangan dapat dibenarkan mengambil kebijakan yang benar-benar bijak ketika menghadapi situasi seperti itu? Sudahkah dipikirkan?

Persyaratan bepergian yang ditentukan pemerintah dalam upaya mencegah penyebaran virus korona seperti sekarang ini rasa-rasanya sulit dipenuhi, terutama berkaitan dengan keharusan memiliki surat keterangan bebas Covid-19. Jangankan dalam kondisi seperti digambarkan di atas, tidak dalam kondisi darurat pun sulit dipenuhi oleh mereka yang tidak berpunya. (*/UG)

News Feed