oleh

Tak Ada Potensi Virus Corona Nyebar Di Tanah

-Berita-199 views

Jangan Tolak Pemakaman Jenazah Covid-19

MAMAKOTA,- Juru bicara pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto meminta masyarakat tidak menolak jenazah pasien virus corona (Covid-19). Apalagi, korban merupakan tenaga medis atau yang ikut berkontribusi terhadap upaya penyelamatan kesehatan Covid-19.

“Mereka adalah saudara-saudara kita. Mereka itu keluarga kita yang menjadi korban karena penyakit ini. Bahkan ada dari mereka yang gugur karena melaksanakan tugasnya. Marilah kita menghormati mereka, tidak ada alasan menolak atau takut,” ujar Yurianto, Sabtu (11/4).

Yurianto menuturkan, masyarakat tidak perlu khawatir tertular oleh korban saat prosesi pemakaman. Karena, pemakaman jenazah dilakukan oleh petugas terlatih yang memang berwenang melakukannya.

Selain itu, protokol penguburan jenazah sudah dibuat sesuai dengan protokol Kementerian Agama dan fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 18 tahun 2020. Yurianto mengucapkan berterima kasih kepada semua pihak dan masyarakat yang sudah memberikan bantuan untuk melawan Covid-19.

“Kami berterima kasih kepada semua warga negara Indonesia yang sudah patuh dan disiplin untuk bersama-sama mengendalikan penyakit ini dengan memutus rantai penularannya. Mari terus mematuhi aturan yang sudah diberikan pemerintah,” kata Yurianto.

Hal yang sama disampaikan Dosen Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Dr Panji Hadisoemarto MPH. Menurutnya, tidak ada potensi virus corona menyebar dan menular melalui tanah seperti antraks. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir. (*/RM)

Komentar

News Feed