oleh

Tak Sudi Jadi Korban Penipu, AirinTerpaksa ke Mabes Polri

-Hukum-112 views

Laporkan Pemalsuan Akun Twitter

MAMAKOTA,- Airin Rachmi Diany, Wali Kota Tangerang Selatan, Banten, benar-benar geram setelahmengetahui beredar akun Facebook yang mengatasnamakan dirinya dan digunakan untuk menipu.

Kasus penipuan tersebut pertama kali diunggah oleh pemilik akun Twitter @MR_Fahmy pada Jumat  (17/4). Akun tersebut memperlihatkan potongan percakapan di dalam akun Facebook yang mengaku Airin Rachmi Diany. Akun palsu Wali Kota Tangsel itu melakukan percakapan melalui messenger dengan beberapa warga dengan modus menanyakan perkembangan Covid-19 di Tangsel.

“Hati-hati akun Facebook palsu atas nama Airin Rachmi Diany. Modus baru chatting lewat messenger nanya-nanya tentang Covid-19, ujung-ujungnya minta nomer WA dan kode OTP. WA dihack dan pura-pura minjem duit ke semua kontak WA,” tulis  akun @MR_Fahmy.

Saat dilihat, akun Facebook palsu Airin Rachmi Diany yang memasang foto mengenakan kebaya hijau tosca tersebut hanya memunculkan satu postingan yakni pada 12 April 2020. Aksi kejahatan siber tersebut telah viral, baik di Twiter maupun di Instagram.

Saat dikonfirmasi, Airin mengaku sudah mengetahui informasi tersebut dan menyatakan dirinya sudah tidak aktif lagi di media sosial.

“Saya enggak aktif di medsos ya. Teman-teman tahu persis,” tegas Airin di Kelurahan Sawah, Kecamatan Ciputat, Tangsel, Selasa (21/4). Atas kejadian tersebut, Airin yang merasa dirugikan sudah melaporkan kejahatan tersebut ke Mabes Polri. “Kita lagi laporkan ke Mabes Polri karena ujungnya ada yang meminta uang. Saya sudah minta Kominfo untuk melaporkan ke Mabes sama ke Facebook-nya.” (*/UG)

News Feed