oleh

Tanpa Prabowo, Sandi Capres Terkuat Di 2024

-Politik-204 views

MAMAKOTA,- Cyrus Network merilis hasil survei terbaru soal elektabilitas tokoh menjelang Pilpres 2024. Survei dilaksanakan pada 24-30 Januari 2020 pada 1.230 responden yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Margin of error survei adalah 2.85 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Adapun responden dalam survei ini penduduk Indonesia yang berumur minimal 17 tahun atau sudah menikah. Proporsi responden laki-laki dan perempuan sebesar 50:50. Responden tersebar secara proporsional pada 123 desa/kelurahan terpilih di 34 provinsi seluruh Indoensia.

Baca juga: Hasil Survei, Duet Prabowo – Puan Masih Unggul

Hasilnya, bekas Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno menjadi yang terkuat. Melewati Sang Gubernur DKI, Anies Baswedan. Masalahnya, kemenangan ini tanpa diikuti Ketum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang saat ini menjadi top player di bursa Pilpres 2024, dan Presiden Joko Widodo.

CEO Cyrus Network Eko David Afianto menjelaskan, hasil ini didapatkan dari pertanyaan, “Bayangkan jika Anda berada di bilik suara pada tahun 2024 dan Anda diminta untuk memilih salah satu dari 6 tokoh berikut ini sebagai presiden selanjutnya. Siapakah yang anda pilih?”.

Baca juga: Putra Sulung SBY Pimpin Partai Demokrat

Pilihannya, di antaranya, ada Sandiaga, Anies Baswedan, hingga Gubernur Jawa Tengah Ganja Pranowo. Sandiaga, menempati posisi pertama dengan jumlah pendukung terbanyak sebesar 27,3 persen. Sandi berhasil mengalahkan mantan pasangannya pada Pilgub DKI Jakarta 2017 Anies Baswedan yang hanya mendapat dukungan sebesar 20 persen.

Jumlah tersebut tentunya menjadi kekalahan yang berat bagi Anies yang menjabat sebagai Gubernur Jakarta, sedangkan Sandi dulu hanya menjadi wakilnya. Lebih lanjut, posisi ketiga ditempati oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang digadang-gadang juga akan maju pada Pilpres 2024 mendapat dukungan 14,9 persen. Lalu, posisi keempat ditempati oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang mendapat 10,2 persen dukungan. (*/RM)

Komentar

News Feed