oleh

Target Jokowi 2024 Orang Miskin Nol

-Berita-163 views

MAMAKOTA,- Data Bank Dunia menyebut, saat ini jumlah penduduk sangat miskin di Indonesia sebanyak 9,9 juta orang atau 3,37 persen dari total penduduk. Sedangkan BPS mencatat, jumlah penduduk miskin per September 2019 mencapai 24,79 juta orang. Angka tersebut menurun 0,88 juta orang dibandingkan September 2018.

Presiden Jokowi punya target ambisius dalam mengentaskan kemiskinan. Jokowi ingin, di 2024, saat dirinya berakhir menjadi presiden, tak ada lagi penduduk sangat miskin. Bisakah target ini terwujud?

Target zero kemiskinan itu disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas (ratas), di Istana, kemarin. Dalam ratas itu, Jokowi memerintahkan jajarannya membuat program pengentasan kemiskinan ekstrim. Ia minta program tepat sasaran, sekaligus terintegrasi. Tujuannya, agar kebijakan yang dibuat nanti
tidak tumpang tindah.

Jokowi ingin, beberapa program yang sudah ada saat ini lebih tepat sasaran, fokus mengerek daya beli, dan menaikkan penghasilan masyarakat. Beberapa program yang dimaksud antara lain Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Sembako, Bantuan Pangan NonTunai (BPNT), Bank Wakaf Mikro, dan Dana Desa. Dengan kerja sama semua pihak, Jokowi optimis targetnya itu bisa terealisasi di 2024.(*)

Komentar

News Feed