oleh

The New Normal Bisa Berjalan Jika Masyarakatnya Disiplin

-Berita-140 views

MAMAKOTA,- Pemerintah tengah menyiapkan fase new normal di tengah pandemi Covid-19. Sejumlah aktivitas ekonomi yang sebelumnya dihentikan selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB), bisa kembali beroperasi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan, pihaknya tengah membuat rencana uji coba atau simulasi penerapan skenario new normal. Rencananya pekan depan simulai soal itu sudah bisa berjalan.

“Pembukaan pada minggu depan, serta
melakukan sosialisasi, edukasi, pengawasan dan penegakan hukum yang tegas,” ujar Airlangga dalam keterangan pers, Rabu (27/5).

Menurut Airlangga, simulasi ini akan
dijalankan sesuai arahan Presiden Jokowi serta dikawal TNI dan Polri demi memastikan simulasi tersebut berjalan semestinya dan terhindar dari gelombang kedua Covid-19.

“TNI dan Polri akan mengawal serta berkoordinasi di tempat-tempat keramaian untuk menjaga kedisiplinan masyarakat agar tidak terjadi secondary wave,” kata dia.

Bila selama simulasi new normal dijalankan ada peningkatan kasus Covid-19 yang sig­ni­fikan, kata Ketua Umum DPP Golkar ini, kemungkinan pemerintah membatalkan aturan tersebut. Airlangga beralasan, penerapan new normal dilakukan dengan alasan ekonomi dan menekan korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

“Agar kita bisa menekan korban dari Covid-19, juga menekan korban dari pemutusan hubungan kerja dan me-restart sosial ekonomi,” pungkasnya.

Rencana pemerintah yang akan menerap-kan kehidupan new normal pekan depan di tengah pandemi corona ditanggapi pro dan kontra netizen. (*/RM)

Komentar

News Feed