oleh

Tidak Ada Penutupan Tol, MMS Pastikan Tol Tangerang Merak Beroperasi Normal

-Berita-121 views

MAMAKOTA, JAKARTA,– isu santer tentang penutupan jalan tol di daerah Jakarta, Tangerang dan sekitarnya beredar di media sosial. Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Polisi Sambodo Purnomo Yogo menegaskan, tidak ada penutupan jalan tol maupun jalan arteri di Jakarta.

Isu itu berdasarkan adanya Surat Edaran dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabeka (BPTJ) Kemenhub RI tentang Pembatasan Penggunaan Moda Transportasi. “Kami laporkan untuk wilayah hukum Polda Metro Jaya, lalu lintas sampai saat ini tetap normal, tidak ada penyekatan atau penutupan baik tol maupun arteri,” kata Sambodo melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, (01/4/2020).

Sambodo mengatakan, surat edaran dari BPTJ Kemenhub RI bersifat rekomendasi namun akses jalan tol maupun arteri di wilayah hukum Polda Metro Jaya tidak ada penutupan atau penyekatan. “Kami hanya melaksanakan keputusan dari pemerintah pusat,” ujar Sambodo.

Dijelaskan Sambodo, pemerintah pusat sudah jelas mengeluarkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diiringi dengan bantuan ekonomi khususnya bagi masyarakat besar.

Ia menekankan Ditlantas Polda Metro Jaya tidak melakukan penutupan atau penyekatan tanpa perintah pimpinan negara atau pimpinan Polri. “Dan sampai saat ini tidak ada penyekatan dan penutupan lalu lintas untuk jalan tol maupun arteri di wilayah hukum Polda Metro Jaya,” kata dia.

BPTJ Kemenhub RI telah menerbitkan Surat Edaran Nomor: SE.5 BPTJ Tahun 2020 tentang Pembatasan Penggunaan Moda Transportasi untuk mengurangi pergerakan orang dari dan ke wilayah Jabodetabeka selama masa pandemik virus corona atau COVID-19. Surat edaran yang ditandatangani Kepala BPTJ Polana B Pramesti tertanggal 1 April 2020.

Terpisah, PT Marga Mandalasakti (MMS) selaku pengelola tol Tangerang-Merak memastikan ruas tol tersebut tetap beroperasi normal.

Humas PT MMS,  Indah Permatasari mengatakan, keberlangsungan operasional jalan tol akan mengikuti kebijakan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Hingga saat ini Tol Tangerang-Merak tetap beroperasi normal dan siaga melayani pengguna jalan. Jalan tol sebagai fungsi penting dalam distribusi barang dan logistik pada keadaan ini masih dipenuhi oleh kendaraan angkutan barang yang beroperasi,” ujarnya.

Pasca penerapan kebijakan Pemerintah mengenai pembatasan jarak fisik dan bekerja dari rumah, menyebabkan masyarakat membatasi mobilisasinya. Adalah hal yang wajar bila akan berdampak pada lalu lintas Tol Tangerang-Merak.

ASTRA Tol Tangerang-Merak sepenuhnya mendukung kebijakan Pemerintah untuk melakukan pencegahan penyebaran Covid-19. (*/amd)

News Feed