oleh

UMK Tangsel 2021 Segera Digodok

-Berita-21 views

SERPONG UTARA, MAMAKOTA– Besaran upah minimum kota (UMK) 2021 di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) belum digodok. Pemda setempat melalui Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi memastikan besaran UMK akan diputuskan pekan depan.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Tangsel Sukanta menjelaskan, pihaknya baru akan menyiapkan rapat koordinasi dengan Dewan Pengupahan Kota (Depeko). Rapat tersebut disiapkan seiring dengan keluarnya Keputusan Gubernur Banten Wahidin Halim mengenai penetapan upah minimum provinsi (UMP) 2021 di wilayah Banten.

“Berdasarkan hasil keputusan rapat sebelumnya, itu menunggu UMP Provinsi Banten,” ujar Sukanta, Senin (02/11/2020).

Dalam rapat pembahasan UMK, pihaknya bakal melibatkan asosiasi, serikat pekerja, hingga akademisi dari perguruan tinggi. Dengan begitu, diharapkan keputusan terkait pengupahan yang akan diambil nantinya sesuai dengan kepentingan masing-masing pihak.

“Seperti biasanya kami melibatkan dari APINDO, dari serikat, dari dewan pakar pengupahan. Kan kami ini bentuknya tim ya di sini, dewan pakar pengupahan itu kebanyakan kami ambil dari perguruan tinggi,” ujarnya.

Adapun rapat koordinasi Depeko rencananya dilaksanakan pada Senin 09 November 2020, sebelum batas akhir pengumuman upah minimum kabupaten/kota pada 21 November 2020.

Ia memastikan bahwa pihaknya bakal mengumumkan besaran UMK Kota Tangsel tahun 2021 pada pekan depan.

Untuk diketahui, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) Republik Indonesia menetapkan tidak adanya kenaikan upah minimum pekerja pada tahun 2021. Tentunya penetapan itu juga berimbas terhadap upah minimum tingkat provinsi (UMP) dan kabupaten/kota (UMK).

Namun, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) masih berkoordinasi guna menetapkan kepastian UMK pada tahun 2021.

Sukanta menjelaskan sesuai pada Keputusan Gubernur (Kepgub) Provinsi Banten Nomor 561/Kep.320-Huk/2019 tentang Pentapan Upah Minimum Kabupaten/Kota Di Provinsi Banten Tahun 2020 UMK Tangsel diatur senilai Rp4.168.268. (ahmad)

News Feed