oleh

Warga Muslim Sakit Dianjurkan Salat di Rumah

-Berita-129 views

MAMAKOTA, TANGERANG SELATAN— Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tangerang Selatan menyikapi serius mewabahnya virus Corona. Guna mencegah penyebaran virus tersebut di tempat ibadah, pihaknya mengimbau warga muslim yang ikut menunaikan salat berjamaah di masjid, mushala dan tempat-tempat lainnya agar menjaga kebersihan dan mewaspadai penyebaran penyakit menular tersebut.

Ketua Pimpinan Daerah DMI Kota Tangerang Selatan Heli Slamet mengatakan, dalam upaya mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid 19 dan menindak lanjuti surat edaran pimpinan pusat No.041/PP-DMI/A/II/2020 tentang Himbauan Sanitasi Siaga Masjid/Musala, pihaknya mengimbau kepada seluruh pengurus DMI di Pimpinan Daerah, Pimpinan Cabang, Pimpinan Ranting, Baan otonom, ketua DKM, pengurus masjid dan musala, para ketua forum dan pegiat masjid serta jamaah se Kota Tangsel agar teratur membersihkan, menjaga kebersihan masjid dan musala dengan cairan disinfektan.

“Di tempat-tempat ibadah, baik masjid maupun musala upayakan tidak menggunakan karpet dan kalau tetap menggunakan maka upayakan jaga kebersihannya dengan secara rutin menggunakan vacum cleaner atau alat pembersih lainnya yang sangat dianjurlkan,” kata Heli, Selasa (17/3/2020).

Para jamaah juga dianjurkan masing-masing membawa sajadah yang bersih dari rumah untuk salat berjamaah di masjid maupun musala. Bagi jamaah yang kurang sehat, atau mengidap sakit flu, batuk, bersin, filek, sesak napas, demam, serta panas tinggi dengan suhu 38 derajat, pihaknya menganjurkan agar yang bersangkutan salat di rumah saja. Begitu juga dengan kaum wanita yang hendak salat berjamaah di masjid atau musala agar membawa mukena sendiri dari rumah. Sedangkan mukena yang biasa disediakan di masjid dan musala agar untuk sementara ditarik atau ditiadakan.

“Minimalisir bepergian keluar rumah dan luar kota kecuali ada hal yang sangat penting, pergunakan waktu bagi anak sekolah belajar di rumah secara optimal, hindari menyentuh mata, hidung, mulut dengan tangan yang tidak bersih, dan hindari kontak dekat dengan sesama terutama dengan orang yang sakit,” imbuhnya.

Pihaknya menyarankan jika ada anggota keluarga yang sakit agar segera dibawa ke Puskesmas, dokter atau rumah sakit serta failitas kesehatan lainnya. “Jangan lupa untuk tetap berikhtiar dan bertawakal kepada Allah SWT dengan menjaga wudhu, selalu berdoa agar selalu dijauhkan dari segala penyakit, diberikan limpahan kesehatan, kekuatan, keberkahan, kebahagiaan, serta kesuksesan dalam lindungan Allah SWT,” imbuh Heli.

Tak kalah pentingnya, kata Heli, jaga kesehatan dengan tetap menjaga prilaku hidup bersih dan sehat seperti cuci tangan memakai sabun, berolahraga, menjaga stamina, minum air putih yang cukup masak makanan yang sempurna dan hati-hati kontak dengan hewan. (amd)

Komentar

News Feed